Minggu, 09 Oktober 2016

Cara Mengecilkan Ukuran file PDF Tanpa Mengurangi Kualitas (VERVAL SP)

Buat para OPS yang akan mengunggah file ber-ext. PDF, mungkin ada yang mengalami kesulitan saat mengecilkan file PDF hasil scan.

Berbagai cara untuk mengecilkan file PDF banyak sekali ditawarkan oleh Mbah Google. Tapi di sini saya mencoba memberikan cara menurut cara yang saya lakukan. Karena tidak semua PC memiliki spesifikasi yang dibutuhkan.

Dari berbagai percobaan, ternyata cara inilah yang cocok buat PC yang saya miliki. Cara ini dapat merubah file PDF dari 1228 kb menjadi 260 tanpa mengurangi kualitas (itupun masih bisa dikecilkan lagi jika memang diperlukan). Ukuran tersebut sudah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan saat unggah file tersebut di verval sp (<500kb).

Saya akan menjelaskan dengan 3 cara, yang mana 2 cara (kualitas berkurang) dan 1 cara tidak mengurangi kualitas. Terserah nanti mau pilh yang mana

Perangkat yang dibutuhkan :
1. PC/Laptop
2. Scanner

Software yang dibutuhkan :
1. ORPALIS PDF Reducer Free 3 (punya saya itu)
2. Nitro Pro 8 (itu yang saya punya)
3. MS. Word 2007 (punya saya itu)
4. ACDSee.5.0 (yang ringan2 aja dah... tapi kalo adanya di atas itu boleh. Nggak dilarang kok)

Cara kerja :

CARA  1 :
Di sini saya tidak akan mengecilkan ukuran dari file Pdf yang sudah ada. Tetapi akan membuat file PDF hasil scan menjadi kecil.
Settinglah Resolusi scanner ke ukuran yang lebih kecil dari defaultnya (misal kia ambil 100 dpi)




Semakin kecil resolusi, maka akan semakin kecil pula ukuran file yang terjadi. Tetapi cara ini akan mengurangi kualitas. Jika file yang terjadi tidak ditolak oleh kanwil (seperti lembaga saya), sebaiknya pakai cara ini. Karena nggak ribet.

*****

Lalu bagaimana jika cara 1 di atas sudah dilakukan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang dikehendaki. Misal file hasil masih belum bisa di upload padahal kualitas file sudah buruk (malah kadang nyaris hampir tidak jelas/terbaca). Silahkan coba cara-cara selanjutnya.


CARA 2 :
Di sini saya akan menggunakan penggabungan 2 program. Yaitu ORPALIS dan NITRO PRO 8. Cara ini bisa mengecilkan file dari 1228 kb menjadi 260 kb tanpa mengurangi kualitas (Hasil uji coba yang saya lakukan).



Buka program ORPALIS. Atur dulu Generalnya agar file yang akan dikecilkan nanti berupa file, bukan folder




Buka file yang akan di kecilkan. (perhatikan ke folder mana hasilnya, biasanya di Temp atau bisa tentukan sendiri)




Lalu klik start batch, tunggu sampai proses selesai (sekitar 3-5 detik)
Hasilnya ternyata 598 kb > 500kb (belum bisa diupload utk verval sp)



Buka file hasil tadi lalu print. Pilih jenis printer Nitro Pdf creator.




Lalu simpan. (sebaiknya nama file pakai nama lain. Biar gak bingung. Saya memberi nama TEST1). Tunggu sampai proses penyimpanan selesai



Loch... kok ukuran file ngebesarin. Malah jadi 831 kb?



Proses belum selesai bro..... buka lagi dengan ORPALIS fle 831 kb tadi. Lalu lakukan seperti langkah awal tadi.  Dan hasilnya ......




Ukuran file  260 kb.
Cukup spektakuler pengecilan filenya dari 1228 kb menjadi 260 kb tanpa mengurangi kualitas.

Awal 


Akhir




*****

CARA : 3

Masih perlu cara ke-3?
OK kita bahas cara ke-3 yang saya lakukan.

Buka file Asli yang berukuran 1228 kb dengan open with Nitro pro 8



Ubah menjadi image



Hasilnya berupa file gambar (JPG). Karena di file pdf saya ada 4 lembar, maka berubah menjadi 4 file



Ukuran JPG tersebut terlalu besar. Maka harus kita kecilkan dulu ukurannya. Di sini saya menggunakan ACDsee 5.0
Buka file  jpg1 dengan ACDsee




Klik kanan. Pilih Edit Open in Editor



Plih resize. Lalu ubah prosentasenya. Disini saya merubah menjadi 10 %. Lalu OK.



Jangan klik Save tapi Save As. Untuk jaga2 file aslinya tidak tertimpa. Dikhawatirkan ukuran yang dikehendaki tidak sesuai.

Selanjutnya lakukan dgn cara yang sama untuk file JPG 2, 3 dan 4. Hasilnya




File JPG awal ukurannya lebih besar, sedangkan file resize lebih kecil.
Lalu copykan file2 hasil resize  tersebut ke program MS Word




Ubahlah ukuran gambar sesuai lembar kerja Word. (enggak usah dijelasin... pasti bisa)




Selanjutnya print dengan pilihan printer Nitro Pro 8

Hasilnya 327 kb.




Ukuran itu sudah bisa di upload. Tapi kualitas dari cara ini berkurang.

Awal



Akhir




silahkan pilih cara yang mana suka.

Sebenarnya masih ada cara yang sering saya pakai yaitu dengan paint (program ini sdh disediakan oleh Windows), Epubor dan xps dan cute PDF. Cara ini pula yang sering saya lakukan jika ukuran file yang akan dikecilkan terlalu besar.Yujuannya adalah untuk mendapatkan ukuran terkecil dengan kualitas terbaik. Tapi mau buat tutorialnya udah cuapeek.... lain kali aja (kalo sempet). 



Semoga Bermanfaat.

NB :
Software2nya??. Karena saya belum menyimpannya di drive blog.  Cari  saja dech di mbah google. Jika mendapatkan yang Trial (berbatas waktu). Kirim komentar  dan saya akan berusaha memandunya memberikan key-nya serta caranya  menjadi pro. Tapi mudah2an nggak dipandu juga bisa.

online


*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar